,

SERENTAK PONDOK PESANTREN UKHUWWAH ISLAMIYYAH BULAN RABIUL AWWAL INI ADAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 1442-1443 H

oleh -265 views
Ujian Akhir Semester PPUI Bekasi
Para Santri Sedang mengikuti Ujian Akhir Semester Tulis Tahun Akademik 1442-1443 H

Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) di seluruh Indonesia serentak pada bulan Rabiul Awwal 1443 H ini adakan Ujian Akhir Semester Gasal (UAS) Tahun Akademik 1442-1443 H. Sebagai mana kami pantau dibeberapa PPUI yang nampak kesibukannya berbeda dari hari-hari biasanya. Seperti misalnya di PPUI Bekasi terlihat sejak dari hari Senin, 4 Rabiul Awwal 1443 H (11/10/2021) mereka sudah mengadakan Ujian Lisan untuk beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Tahfizhil Qur’an dan Fiqih.

Dan pada Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1443 H seluruh santri yang berjumalh sekitar 190 santri dari tingkat SD sampai dengan SMP mengikuti UAS Tulis yang di laksanakan di Masjid Al-Khilafah PPUI Bekasi yang beralamat di Jalan Komplek Patal No. 44 Rt. 08 Rw. 03 Pekayon Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi Jawa Barat.

Kegiatan Ujian Akhir Semester Gasal 1442-1443 H ini merupakan Agenda wajib yang sudah menjadi rutinitas yang tercantum dalam kalender pendidikan Pondok pada setiap bulan Rabiul Awwal. Yang tujuannya sebagai langkah dalam mengevaluasi hasil belajar selama satu semester yang lalu.

Terkait kegiatan UAS ini kami sedikit berbincang dengan Mudir Madrasah Unit Khalifah Umar Bin Khaththb PPUI Bekasi Ustadz Azis Nur Dzikri yang kami temuan saat yang bersangkutan memantau berjalannya kegiatan tersebut.

“Kegiatan UAS ini adalah suatu langkah yang kami lakukan untuk mengetahui bagaimana daya serap santri terhadap pembelajaran yang selama ini diikuti, atau sebagai cara validasi terhadap hasil belajar selama satu semester terakhir ini. Yang mana hasil UAS ini adalah penentu atau kesimpulan dari hasil belajar selama ini bagi masing-masing masing-masing santri.” Jelasnya dengan semangat.

Berdasarkan Kalender Pendidikan di PPUI Bekasi kegiatan UAS ini berlangsung selama 10 hari yang terdiri dari UAS Lisan dan UAS Tulis. Dari tanggal 4 – 7 Rabiul Awwal 1443 H untuk ujian Lisan sedangkan dari tanggal 9 – 14 Rabiul Awwal 1443 H.

Laporan : Muhammad Firdaus, PPUI Bekasi