MENYIKAPI PPUI SEBAGAI SEKOLAH KADER KHILAFAH

oleh -268 views
Sekolah Kader Khilafah
Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah sebagai Sekolah Kader Khilafah

Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) sebagai sekolah kader merupakan wujud dari sistem pendidikan berbasis Khilafah dalam rangka pengembangan kompetensi yang bertujuan untuk menyiapkan pejuang dan petugas administrator kekhalifahan melalui jalur peningkatan keilmuan khusus.

Sebagaimana sekolah Kader pada umumnya, PPUI adalah jenis pengembangan kompetensi yang komprehensif  yang meliputi kompetensi ilmu ad din, manajerial, sosial dan teknis bagi petugas Khilafah yang bertalenta dan berkinerja tinggi.

Oleh karena itu sebagai media persemaian kader, PPUI harus menjadi lahan subur yang diolah secara serius dan dibentuk sedemikian rupa sebagaimana kehendak sistem Khilafah yang dipraktekkan oleh Khilafatul Muslimin untuk mencapai hasil yang diinginkan.

BACA JUGA : KEMBALI KHILAFATUL MUSLIMIN BANGUN PENDIDIKAN BARU DI WONOGIRI JAWA TENGAH

Selain ilmu ad din, keterampilan teknis terkait administrasi kekhalifahan, hal yang tak kalah pentingnya dalam kelengkapan seorang kader adalah atribut kekhalifahan, karena selain menjadi bagian dari ketentuan pusat juga merupakan syarat formal dalam kegiatan penting kekhalifahan, seperti musyawarah dan berkantor rutin.

Ketentuan seragam yang berbentuk gamis dengan warna hijau putih atau putih (saja) dengan logo Muwazhof Khilafah (Arab/ Petugas kekhalifahan) di dada kanan dan tulisan Khilafatul Muslimin (latin) di dada sebelah kiri harus dikenal betul oleh peserta didik PPUI. Demikian juga dengan peci resmi Khilafatul Muslimin (Hijau Putih) dengan ketentuan kain khusus sebagaimana yang sudah dikenal.

BACA JUGA : PENDIDIK ADALAH KOMPONEN PENTING PENDIDIKAN

Tentu saja, kepada yang kita hormati para asatidz PPUI adalah pihak yang kita mintai kesediaannya untuk mencontohkan pemakaian peci Khilafah sesuai ketentuan resmi. Karena peci berlaku general termasuk dalam lembaga pendidikan PPUI, sedangkan baju secara khusus PPUI memiliki ketentuan seragam sendiri ditambah dengan seragam khas masing-masing cabang. 

Maka, sedapat mungkin peci Khilafah dengan standar pusat menjadi peci resmi dan wajib yang kenakkan oleh para ustadz hingga para  santri putra.

Di Indonesia, dari banyak sekolah kader yang dibangun untuk kepentingan negara Republik Indonesia, Institut Kepegawaian Dalam Negeri (IPDN) adalah yang paling menonjol. Dalam menanamkan kedisiplinan, seragam lembaga bahkan diwajibkan untuk dikenakan dimasa libur (pulang kampung).

Tentu saja kader Khilafah harus lebih didisiplinkan dalam mengenakan seragam Khilafah, sebagai bagian dari pembinaan calon petugas yang akan berperan dalam menyempurnakan sistem Khilafah. Mereka akan meneruskan kita, maka harapannya mereka harus lebih baik dari kita. Semoga Allah mudahkan kita dalam ikhtiar ini. Aamiin!

Oleh: La Rangga Abu Farhat