SANTRI KELAS AKHIR PPUI BEKASI IKUTI IHTIBAR HIFZHIL QUR’AN 12 JUZ

oleh -2.090 dilihat

Santri Madrasah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Bekasi mengikuti kegiatan Ihtibaru Hifzhil Qur’an (Ujian Hafalan Al-Qur’an) 12 Juz yang diselenggarakan olen Madrasah sebagai salah satu ujian yang harus ditempuh guna mengevaluasi hafalan yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan dari tingkat Madrasah Khalifah Utsman Bin Affan (MKUBA) tingkat dasar, Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (MKUBK) tingkat menengah sampai dengan Madrasah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq (MKABA) tingkat atas yang nantinya hasil evaluasi tersebut akan dijadikan pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Al-Jaami’ah.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari terhitung dari tanggal 16 sampai dengan 19 Sya’ban 1438 H ini, selain bertujuan untuk evaluasi dalam bidang hafalan ayat para santri juga dituntut untuk memahami setiap yang mereka hafal, yang sebelumnya sudah ditanamkan. Seperti pada ujian kali ini para santri selain dites dalam bidang hafalan mereka juga ditanya beberapa makna ayat al-Qur’an yang menuntut mereka harus faham betul terhadap apa yang mereka hafal.

Ada sekitar 28 orang santri yang terpantau di ruang acara pada Sabtu 16 Sya’ban 1438 H (13/05/2017) terdiri dari 11 santriwan dan 17 santriwati yang mengikuti ihtibar tersebut. satu persatu dari mereka bergiliran mengikuti ujian di atas panggung sederhana dengan background yang hanya berukuran 3 kali 2 meter dengan dilengkapi sound system yang telah disiapkan sebelumnya oleh panitia kegiatan. Nampak mereka antusias dan sungguh-sungguh mengikuti. Ada diantara mereka sambil menunggu giliran mempersiapkan hafalanya dengan cara mengulang. Selain peserta yang hadir ada diantara santri adik kelas dari kelas satu dan dua MKUBK serta kelas 1 MKABA yang turut memberikan semangat kepada kakak-kakak mereka yang sedang tampil di hadapan.

Dengan didampingi oleh empat orang dewan juri yang terdiri dari dua orang ustadz dan dua orang ustadzah yang sekaligus berperan sebagai penguji pada ihtibar kali ini diantaranya ustadz Tholhah Najmul Uhud, Ustadz Syahrul Muhammad Ja’far, Ustadzah Rofiqoh Romadhoni dan Ustadzah Muhibbah. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yakni pagi hari dilaksanakan dari pukul 08.00-11.30 WIB kemudian pada sesi ke dua dilaksanakan pada pukul 16.00-17.30 WIB.

Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada acara akhir tahun di Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah sebagai bagian dari rentetan acara yang harus dilalui oleh para santri kelas akhir.

Laporan : Muhammad Firdaus