PPUI BEKASI, LAKSANAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL LEBIH AWAL

oleh -2.103 dilihat

Rencananya berdasarkan kalender pendidikan Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah Bekasi (PPUI) Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal dilaksanakan pada tanggal 12 – 22 Rabiul Awwal 1438 H. Namun berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah di tingkat pondok pelaksanaannya dimajukan karena adanya kegiatan rihlah yang semula tanggal 29 Rabiul Awwal 1438 H. yang bentrok dengan padatnya keramaian tahun baru masehi, karena dikhawatirkan kegiatan rihlah tersebut akan terhambat dengan padatnya lalu lintas di akhir tahun tersebut. Maka dengan itu, kegiatan Ujian Akhir Semester dilaksanakan sepuluh hari lebih awal pada tanggal 5-15 Rabiul Awwal 1438 H. Dan pelaksanaan rihlah dilaksanakan pada 19 Rabiul Awwal 1438 H.

Berkaitan dengan hal tersebut salah seorang mudir madrasah, ustadz Muhammad Sulthan memberikan penjelasannya kepada redaksi, mengenai alasan dimajukannya kegiatan rihlah tersebut.

“Alasan dimajukannya semua kegiatan ini karena musyawarah telah memutuskan bahwa semua peserta rapat menyepakati dengan pertimbangan dikhawatirkan pada saat rihlah nanti akan ada suatu kepadatan lalu lintas dan kesibukan tahun baru yang diadakan oleh masyarakat umum, maka dengan ini kegiatannya dimajuikan.” Saat di temui disela-sela kesibukannya di kantor sekretariat pondok, Rabu, 7 Rabiul Awwal 1438 H (7/12/2016)

Menurut pandangan bagian kurikulum Muhammad Firdaus, saat dimintai keterangan tempat yang sama menganai hal tersebut beliau mengatakan bahwa perubahan kalender pendidikan ini boleh dilakukan asal berdasarkan musyawarah dengan pertimbangkan disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada jika memang itu sangat diperlukan dan darurat.

“Kita boleh saja melakukan hal itu (perubahan kalender pendidikan PPUI dalam perjalanan waktu) dengan beberapa pertimbangan salah satunya didasarkan kepada kondisi atau situasi yang mengharuskan adanya perubahan tersebut. Dan sebenarnya perubahan ini sudah sering dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi bukan sesuatu yang salah untuk dilakukan.” Jelas pria yang biasa disapa bangdaust ini dengan semangat.

Firdaus juga menambahkan bahwa kalender pendidikan PPUI ini adalah gambaran global tentang semua kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun pembelajaran. Dan perlu diketahui bahwa bagi Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah yang selama ini mengadopsi kalender pendidikan dari PPUI Bekasi sebagai pusat informasi, boleh saja ketika dalam proses berjalannya waktu mengubahnya sesuai keperluan dan kebutuhan lembaga pendidikan PPUI di daerahnya masing-masing,

Laporan : Yogi Al-Huda