MANFAATKAN CCTV, MEMUDAHKAN PEMANTAUAN AREA PONDOK

oleh -1.991 dilihat

Guna memudahkan dalam pemantauan di sekitar area pondok yang berkaitan beberapa aspek seperti keamanan, kebersihan, aktifitas kepondokan dan lain sebagainya, pemanfaatan CCTV adalah solusi yang menjadi salah satu alat yang menjadi pilihan. Mengingat tidak personil yang ada sangat terbatas untuk melakukan pengontrolan secara terus menerus.

Seperti yang telah dilakukan Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah Bekasi pada Selasa, 22 Shafar 1438 H. (22/11/2016) telah rampung menyelesaikan pengerjaan pemasangan CCTV Melalui bagian Kesantrian Ustadz Fiqih Nurbiyanto, selaku yang mendapatkan amanah untuk memasang CCTV tersebut.

Disela-sela kesibukan tersebut kami berkesempatan untuk bertanya kepada kaatib (Sekretaris) pondok ustadz Hasan Al-Banna yang kami temui di kantor sekretariat pondok. Seputar manfaat CCTV tersebut.

“Sangat banyak manfaat dengan adanya CCTV ini, salah satunya guna memberikan kemudahan dalam pemantauan di area sekitar pondok, untuk beberapa keperluan semisal untuk memantau keamanan, kebersihan serta untuk memantau aktifitas kegiatan para santri.”, ungkapnya dengan penuh semangat.

Untuk sementara CCTV tersebut dipasang di lima titik area di antaranya, area luar sekretariat pondok, area masjid Damai, area asrama Madrasah Khalifah Utsman Bin Affan (Setingkat MI), area asrama putri bagian luar, serta satu kamera terpasang di dalam ruangan sekretariat pondok. Dengan dilengkapi dua monitor pemantau yang terletak di ruangan sekretariat dan di ruangan kantor staf pondok.

Laporan : Muhammad Firdaus