,

ILMU ADALAH KUNCI PINTU KEBAHAGIAAN DUNIA DAN AKHIRAT

oleh -115 dilihat

Ilmu adalah kunci pintu kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, allah SWT mewajibkan kepada setiap hambanya untuk menuntut ilmu, karena jiwa dan raga ini tanpa ilmu layaknya ruangan gelap tanpa cahaya. Tidak ada petunjuk dan arah yang akan membawa kita kepada kebahagiaan baik dunia dan akhirat kelak.

kewajiban bagi orang tua adalah mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anaknya, baik secara langsung di rumah maupun tIdak langsung dengan menitipkan di lembaga pendidikan.  Sesuai dengan perintah Allah kepada seluruh umat-Nya untuk menuntut ilmu sebagai bekal untuk menjalani hidup.

Dalam pandangan Islam, ilmu adalah sesuatu yang tergolong suci. Ilmu itu bagaikan cahaya dan pelita di malam yang gelap. Seseorang tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dengan cahaya dan pelita. Demikian pula sesorang tidak akan bisa membedakan yang baik dan buruk jika mereka tidak berilmu.

Allah mewajibkan menuntut ilmu bukan hanya tanpa sebab, ada banyak sekali keutamaan dalam Al-Quran dan As-Sunah Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wassalam.

Misalnya, Allah akan mengangat derajat orang yang beriman dan berilmu sebagaimana dalam surah Al-Mujadilah ayat 11 yang berbunyi.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Mujadilah: 11)

Kewajiban menuntut ilmu merupakan hal muthlak bagi setiap orang, hal ini sebagai mana hadits nabi Muhammad SAW:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.”(HR. Ibnu Majah)

Maka kita selaku orang tua harus memperhatiakan pendidikan / pembelajaran untuk anak kita, karenapendidikan adalah suatu proses pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dan satu generasi kegenerasi dalam mengembankan pandangan hidup dan sikap hidup. Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlaq mulia, kepribadian, kekuatan spiritual dan ketrapilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar.

Mempersiapakan generasi terbaik bukanlah hal yang mudah. Apalagi dizaman modern/ era globalisasi yang serba cepat/instan dengan berbagai cara yang mudah didapatkan oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Tak jarang anak kecil / anak muda bisa mendapatkan sikap, sifat / prilaku yang buruk  dari berbagai sumber media cetak dan online. Sehingga sebagai orang tua kita harus sadar dan pandai-pandai menyaring berbagai sumber informasi dan pergaulan yang layak dicerna oleh anak- anak.

Jamaah Khilafatul Muslimin sebagai organisasi islam yang turut serta dalam menyiapkan generasi penerus risalah nabi. Melalui lembaga pendidikan islam dengan didirikan pondok pesantren yang bertujuan membentuk anak yang beraqidah yang murni sesuai Al Qur’an dan Ash Sunah serta menjadi generasi penegak kekhilafahan dimasa yang akan datang.

Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan solusi dengan pola pendidikan islami yang mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan baik Diniyah maupun Umum dan Amal Nyata dalam kehidupan Masyarakat. Yang diharapkan mampu menghasilkan generasi yang beriman, berilmu dan menjadi para penegak ajaran Islam.

Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah  senantiasa memberi peluang terhadap anak didik untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat (skill) nya, sehingga memiliki kepercayaan diri dengan berkepribadian yang tangguh, pantang menyerah dan putus asa dalam mencapai cita-cita. Jiwa besar seharusnya dibina melalui pendidikan Kekhalifahan oleh para pendidik melalui mau’idhah dan uswah hasanah agar tercipta masyarakat yang berakhlaq mulia, berilmu dan beramal shaleh sesuai ilmu yang dimilikinya. Dan kesuksesan anak-anak yang dididik dipondok pesantren ukhuwwah islamiyyah adalah merupakan kesuksesan umat islam, tidak mungkin suatu umat mencapai kebahagiaan, kejayaaan, kemapanan, kebesaran dan ketenteraman kecuali manakala generasinya berpegang teguh pada ajaran yang dijalankan oleh generasi pertama umat ini. Ketika itulah kejayaan agama dan kemakmuran hidup terlihat pada setiap karya yang produktif dan pengabdian yang positif.

   Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah berusaha menyiapkan generasi yang cerdas dan tanggap, tidak merespon apapun yang tidak jelas tujuannya bagi kepentingan Islam dan yang tidak membuat panji-panji kebenaran berkibar. Betapa besar ambisi lawan-lawan Islam untuk menjerumuskan para anak anak zaman sekarang  ke dalam jurang kebinasaan dan jalur kesesatan serta menjauhkan mereka dari ajaran yang haq al qur’an dan ash sunah, dan yang dapat membimbing mereka bagaimana cara memelihara kemaslahatan dan mendatangkan kemanfaatan bagi diri mereka dan umat islam diseluruh dunia. Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah  mempunyai tanggung jawab besar, mendidik anak anak generasi peradaban yang akan mengemban obor keimanan dan Aqidah yang benar serta membekali diri para santri dengan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih demi kecerahan akal pikiran mereka, kejernihan mata hati mereka, ketajaman intelektual mereka dan ketepatan gagasan-gagasan mereka. Dengan demikian mereka menjadi bagian dari upaya perbaikan dan pengaman dari kekacauan kejahatan, dampak buruk fitnah dan keganasan gelombang bencana pada zaman modern di era globalisasi. Maka peran PPUI dalam menyiapkan pejuang sejak dini adalah mencetak/mempersiapkan generasi yang pada usia aqil baliqnya mampu mengamalkan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di PPUI untuk menegakkan kalimatullah dimuka bumi. Semoga allah memandaikan anak anak kita yang sedang menuntut ilmu..Aammiin Ya Rabb

اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِينا مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لنا فِي ذُرِّيَّتِنا وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنا بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنا رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya:Yaa Allah jadikan anak-anak kami ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunan kami dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan kami dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan kami ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

Amiin Ya Rabb

Penulis : Ustadz Erik Prananda