BERHARAP PANDEMI COVID 19 SEGERA BERAKHIR, PPUI BEKASI ADAKAN HAFLAH TAKRIMI

oleh -822 dilihat

Walau kondisi saat ini yang kurang mendukung terkait penyebaran virus corona atau covid 19 yang berasal dari Wuhan Cina, Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Bekasi tetap melaksanakan agenda akhir tahun kegiatan Haflu Takrimi Lithalabatil Mutafawiqin. Suatu kegiatan akhir tahun pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para santri yang berprestasi dalam bidang kurikuler yang sekaligus sebagai akhir dari program pondok dalam proses Kegiatan Ibadah Belajar dan Mengajar. Ahad, 26 Sya’ban 1441 H (19/4/2020).

Acara yang diadakan pada tahun ini disesuaikan dengan keadaan yang tidak bisa menghadirkan banyak orang termasuk tidak bisa menghadirkan para wali santri yang biasanya diundang secara keseluruhan. Namun demikian acara tersebut tetap diadakan dengan kemasan yang sederhana dan apa adanya.

Susunan acarapun hanya yang inti-intinya saja demi meringkas acara untuk waktu yang sesingkatnya. Selain itu pula pada tahun ini PPUI Bekasi tidak bisa menghadirkan Rois Wizaarah Tarbiyah Wa Ta’lim Pusat ustadz Ahmad Shobirin secara langsung, akan tetapi hanya dengan video rekamannya saja yang diputar dihadapan para santri, orang tua wali dan para asatidz dengan durasi sekitar 20 menit.

Menurut Mudir Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab Ustadz Erik Prananda ia menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang dengan sesingkat-singkatnya namun tidak meninggalkan hal hal inti yang harus disuguhkan.

“Untuk acara kali ini tidak sebagaimana tahun tahun sebelumnya yang dikemas dengan begitu lengkap, akan tetapi pada tahun ini disesuaikan dengan keadaan yang sedang pandemi corona apalagi daerah kita Khususnya kota Bekasi sudah masuk Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB” Terangnya yang ditemui disela sela kesibukan acara tersebut.

Acara haflah yang dilaksanakan di Masjid Damai PPUI Bekasi ini merupakan acara gabungan dua unit madrasah yakni Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (MKUBK) dan Madrasah Khalifah Utsman Bin Affan (MKUBA), yang dihadiri sekitar 150 santri 40 orang pengurus dan 50 orang wali santri.

Acara pun hanya diisi dengan sejumlah sambutan-sambutan dari para Murobbi dan Amir Wilayah serta mendengarkan rekaman video tausiyah dari Rois Wizaarah Tarbiyyah Wa Ta’lim Ustadz Ahmad Shobirin, kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para santri yang berprestasi dari kedua unit MKUBK dan MKUBA.

Dengan pengawalan ketat struktural Wilayah Jamaah Khilafatul Muslimin Bekasi Raya dan Perguruan Beladiri Lebah Putih acara yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB Haflah tersebut dapat berjalan dengan hidmat dan khusyu.

Laporan : Muhammad Firdaus
PPUI Bekasi