,

BUKAN SEKEDAR HAFLAH TAPI SEBAGAI MOTIVASI PEMBELAJARAN

oleh -328 dilihat

Kegiatan haflah merupakan suatu kegiatan rutin yang sudah menjadi bagian dari agenda Pendidikan di Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI), suatu kegiatan yang diberi nama Al-Haflu At-Takrimiy Lith Tholabati Li Muttafawwiqiin yang dilaksanakan setiap akhir semester. Dalam setahun kegiatan tersebut dua kali dilaksanakan, pada semester pertama di bulan Rabiul Awwal dan kedua biasanya pada bulan Sya’ban. Yang tujuan utama diadakannya sebagai sarana evaluasi dan sekaligus perayaan bagi mereka para santri yang berprestasi setelah mereka mengikuti belajar selama 6 bulan kemudian mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) dan akhirnya sampai pada acara haflah ini untuk menerima hasil belajar selama kurun waktu tersebut. Semua PPUI melaksanakan kegiatan tersebut, seperti halnya pada kali ini di PPUI Bekasi, meski dilaksanakan dengan amat sederhana.

“Esensi dari acara haflah ini sendiri merupakan suatu kegiatan bagi seluruh santri, di sini mereka bisa melihat hasil dari jerih payah mereka belajar selama ini. Apakah hasilnya memuaskan atau tidak bagi mereka. Dan semoga acara ini menjadi salah satu motivasi untuk menjadikan mereka lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.” Papar Murobbi Pondok Ustadz Muhammad Firdaus, yang disela-sela acara tesebut, Sabtu 21 Rabiul Awwal 1442 H. (07/11/2020)

Acara tersebut dihadiri oleh Rois Wizaarah Tarbiyyah Wa Ta’lim Khilafatul Muslimin Pusat Ustadz Ahmad Shobirin, selaku yang bertanggung jawab di Jamaah Khilafatul Muslimin dalam bidang Pendidikan, salah satunya yang bertanggung jawab terhadap perkembangan setiap Pondok Pesantren yang tersebar di senatero Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian pula pada kesempatan ini hadir Amir Wilayah Bekasi Raya Ustadz Abu Salam, Para Wali Santri yang sengaja dating untuk menghadiri acara yang dilaksanakan setiap semester ini.

Bagi para santri dan orang tua haflah tersebut merupakan suatu acara yang selalu ditungu-tunggu karena dengan hadirnya acara tersebut mereka bisa melihat hasil akhir dari proses pembelajaran yang selama ini telah mereka ikuti. Dan setelah itu mereka akan merasakan libur Panjang semester yang artinya mereka bisa pulang berkumpul bersama keluarga.

“Saya sudah memahami akan antusias dan kebahagian para santri serta orang tua mereka jika sudah tiba diacara haflah ini, karena mereka semua sebenarnya selalu menunggu untuk melihat prestasinya dan sekaligus setelahnya mereka akan pulang bersam dan berkumpul di rumahnya masing-masing.” Tambah Murobbi yang berasal dari Banten ini.

Laporan Revi Saputera