,

AL HAFLU TAKRIMIY, SUATU MOTIVASI BAGI MAHASANTRI YANG BERPRESTASI

oleh -284 dilihat

Bandar Lampung, Jami’ah Khalifah Bin Abi Thalib (setingkat Perguruan Tinggi milik Jama’ah Khilafatul Muslimin) Bandar Lampung telah menyelenggarakan acara Al Haflut Takriimiy suatu acara pembagian transkrip nilai dan pemberian penghargaan kepada Mahasantri yang berprestasi, sebagai bentuk motivasi dan evaluasi hasil belajar di Ujian Akhir Semster ganjil Tahun Akademik 1440-1441 H. yang diselengarakan pada 01 Rabi’ul Akhir 1441 H. Pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB,

Acara yang dihadiri oleh sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari Mahasantri dan pengurus Jami’ah, orang tua dan wali mahasantri dihadiri pula oleh sejumlah tokoh dari Jamaah Khilafatul Muslimin di antaranya : Rois Wizaarah Tarbiyah Wa Ta’lim Pusat Khilafatul Muslimin Ustadz Ahmad Shobirin beserta staf dan para staf Daulah Sumatera dan Daulah Jawa Jamaah Khilafatul Muslimin dan tamu undangan lainnya.


Adapun rangkaian acaranya yang merupakan inti diadakannya acara Haflu takrimiy tersebut adalah sebagai berikut : Pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran berikut Tarjamahnya, pembacaan visi dan misi serta iqrar Jami’ah, presentasi life skills sebagian jurusan, pembacaan hasil belajar Mahasantri dan pembagian transkrip nilai, pembagian hadiah bagi Mahasantri yang berprestasi. Nilai akhir yang didapat oleh Mahasantri adalah hasil akhir dari akumulasi penilaian akademik, akhlaq dan kedisiplinan Mahasantri dalam kegiatan keasramaan.


Dan yang paling berkesan bagi sebagaian mahasantri yang berprestasi dalam acara tersebut diberikan sejumlah penghargaan dan hadiah kepada mereka yang berprestasi dalam kegiatan musabaqoh (hifdzul Qur’an dan tsaqafah Qur’aniyah). Dan pada semester ini terdapat satu orang mahasantriwan atas nama Sahl Abdullah Marzuki dan dua mahasantriwati atas nama Al Mar’atus Shalihah dan Nur Afifah Mar’atun Nashuha yang telah hafidz Qur’an 30 Juz, mereka sebagai calon peraih gelar S.Kh.I. di tahun ini dalam pendidikan Kekhalifahan Islam.


Selain acara tersebut di atas setelah pembacaan trankrif nilai dan pemberian hadiah salah satu dari perwaakilan Mahasantri dan satu orang perwakilan dari orang tua atau wali mahasantri memberikan pesan dan kesan terkait pendidikan di Al-Jaamiah Bandar Lampung.

Sebagai acara penutup sekaligus puncak dari acara Al-Haflu Takrimiy tersebut adalah dengan disampaikannya Tausiyah dan pengumuman kependidikan oleh Rois Wizaarah Tarbiyyah Wa Ta’lim Pusat Al Ustadz Ahmad Shobirin.

Laporan Ustadz Hendra Kurnia – Bandar Lampung