,

PPUI BEKASI SEMANGAT ADAKAN IKHTIBAR HIFZHIL QUR’AN

oleh -762 dilihat

Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Bekasi sedang mengadakan Ikhtibar Hifzhil Qur’an yang pada kesempatan tersebut peserta yang terlibat merupakan santri kelas 2 (kelas akhir) Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (setingkat SMP) dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri santriwan dan santriwati. Pelaksanaan Ikhtibar Hifzhil Qur’an itu sendiri akan dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak Sabtu dan Ahad 16 sampai dengan 17 Rajab 1440 H.

Tempat pelaksanaan acara tersebut difokuskan di dua tempat, yakni di Masjid AlKhilafah khusus untuk peserta santriwan dan di Masjid Damai untuk para santriwati.

Dengan didampingi oleh 2 juri masing-masing untuk menguji para peserta yang sejak pukul 09.00 WIB terpantau sudah mengikuti nomor antrian yang sebelumnya sudah dibagikan oleh panitia. Nampak para peserta satu persatu naik ke atas panggung dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari penguji. Ada yang berhasil menjawab atau melanjutkan bacaan ayat yanh dibacakan oleh penguji namun ada pula yang tidak mampu untuk melanjutkannya.

Nampak para peserta atau hadirin dari para santri kelas satu begitu khusyu menyimak setiap peserta yang naik ke atas panggung.

Menurut ustadz Muhammad Sulthan, Mudir Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab, tujuan diadakannya Ikhtibar Hifzhil Qur’an ini adalah merupakan agenda tahunan yang diadakan sebagai suatu langkah mengevaluasi keberhasilan santri dalam belajar tahfizul qur’an setiap tahunnya.

“Dengan adanya Ikhtibar Hifzhil Qur’an ini kami berharap kami bisa mengetahui sejauhmana pencapaian hafalan santri selama ini apakah mereka sudah mencapai target yang dicanangkan atau masih tertinggal. Harapannya semua santri bisa mencapai target di MKUBK.” Paparnya kepada kami disela-sela berlangsungnya acara tersebut.

Laporan Muhammad Firdaus