,

MEMASUKI SEMESTER GENAP, MKUBK PPUI ACEH ADAKAN PROGRAM KEGIATAN BARU

oleh -1.526 dilihat

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), 09 Rabi’ul Akhir 1439 H (28/12/17). Memasuki semester genap pada tahun pembelajaran 1438 – 1439 H, dewan asatidz di Unit Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (MKUBK) menggelar musyawarah evaluasi.

Pada kesempatan tersebut, para petugas/staf yang terdiri dari Mudirul Madrasah (Ust. Fadhlan Maulana), Musyrif (Ust. Zakwan maulana) dan Musyrifah (Ustzh. Rini Apriani), masing-masing memberikan laporan hasil evaluasinya pada semester ganjil kepada Murabbi MKUBK PPUI Aceh.

Dalam musyawarah tersebut, salah satu fokus pembahasannya yaitu berkenaan dengan hafalan Al Qur’an para santri yang dinilai belum memuaskan. Maka setelah melalui proses tukar pendapat yang alot, Murabbi memberi arahan kepada musyrif dan musyrifah untuk memasukkan jadwal ‘Kelas Tahfizh’ dalam agenda kegiatan santri.

Dari hasil keputusan Musyawarah tersebut, disimpulkan bahwa Kelas Tahfizh yang akan digulirkan mengambil waktu setelah shalat Isya’, tepatnya pkl. 20:15 – 21:30 WIB. Dan hal tersebut membuat bergesernya waktu belajar malam yang dialihkan pada pkl. 04:00 – 05:00 WIB.

Dalam hal ini, Murabbi membagi program tersebut menjadi dua kelompok. Pembagian kelompok pertama (Ikhwan) dibimbing oleh Ust. Fadhlan Maulana dan Ust. Zakwan Maulana. Sedangkan untuk kelompok kedua (Akhawat) dibimbing oleh Ust. Tri Rudiansyah dan Ustzh. Rini Apriani.

Sedangkan target yang ingin dicapai melalui program ini adalah menyetorkan kembali (muraja’ah) hafalan masing-masing santri yang pernah dihafalnya. Mulai dari juz 30, 29, 28, 27, 26, 1, 2, 3 dan juz 4.

Meski mengambil waktu malam hari untuk kegiatan Kelas Tahfiz ini, para santi terlihat sangat antusias dalam mengikuti program tersebut.

Harapannya sebagaimana yang disampaikan oleh Murabbi MKUBK PPUI Aceh, “Semoga kegiatan ini bernilai ibadah disisi Allah SWT, dan manjadi asbab baiknya hafalan Al Qur’an para santri kedepannya.” Aamiin.

Laporan  Tri Rudiansyah