SELURUH SANTRI PPUI IKUTI UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL TP. 1438-1439 H, SERENTAK

oleh

Kota Bekasi – Di dalam kalender Pendidikan Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) bahwa terhitung sejak tanggal 01 – 04 Rabiul Awwal 1439 H. para santri mengikuti Ujian Semester Gasal Lisan, kemudian dari tangggal 06-11 Rabiul Awwal 1439 H dilanjutkan dengan Ujian Akhir Semester Gasal Tulis. Yang pelaksanaannya serentak di 10 cabang PPUI yang tersebar di sejumlah daerah di Wilayah Indonesia.

Seperti yang telah kami pantau melalui media sosial facebook yang mewakili sejumlah pusat PPUI dan cabang PPUI diantaranya PPUI Bekasi, PPUI Margodadi, PPUI Taliwang, PPUI, Bima, PPUI Citiis Bandar Lampung, PPUI Aceh, PPUI Pacet Surabaya dan lain-lain, semua serentak  mengadakan kegiatan tersebut.

Untuk tingkat madrasah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq (setingkat SMA) dan Madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (setingkat SMP)  materi yang diujiakan dalam UAS Lisan mencakup praktek percakapan dan penguasaan kosakata dalam Bahasa Arab dan bahasa Inggris, kemudian praktek dan bacaan seputar ibadah yang telah diajarkan dalam materi Fiqih Islam serta yang terakhir adalah tahfidz Qur’an, para penguji mengetes sejauh mana kemampuan hafalan santri serta menilai kesesuaian bacaannya dengan kaidah tajwid dan tahsinnya. Dengan penguji sendiri telah ditentukan dengan jadwal setiap penguji mendapatkan satu materi dan satu kelas dengan waktu satu hari sebagaimana terjadwal.

Adapun untuk UAS Tulis materi yang diujikan mencakup 11 mata pelajaran diantaranya, Aqidah / Tauhid, Bahasa Arab dan Muhadatsah, Fiqih Islam, Ilmu Hadits, Tahfizh dan Terjemah Qur’an, Siroh Nabawiyah dan Kekholifahan, Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Ilmu Hisab. Diujikan selama 6 hari dan setiap  harinya santri yang ditemani 2 orang pengawas dalam satu ruangan mesti menyelesaikan 2 mata pelajaran sesuai yang dijadwalkan.

Namun lain halnya dengan Madrasah Khalifah Utsman Bin Affan (setingkat SD), Ujian Akhir Semester dilaksanakan hanya selama 4 hari saja terhitung dari tanggal 08-11 Rabiul Awwal 1439 H yang di dalamnya sudah mencakup ujian Lisan dan tulis, mengingat materi yang diujikan hanya 4 mata pelajaran yakni, Aqidah / Tauhid Bahasa Arab, Ilmu Hisab dan Tahfizhil Qur’an.  Diperkirakan ada sekitar 600-an santri yang turut serta dalam kegiatan UAS kali ini.

Laporan Muhammad Firdaus – PPUI Bekasi