MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI, PPUI ACEH ADAKAN PROGRAM MURAJA’AH JAMA’I

oleh
Muraja'ah Santri PPUI Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), 02 Rabi’ul Awwal 1439H (21/11/17). Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Aceh setingkat Madrasah Umar Bin Khathtab (MKUBK) adakan Program Peningkatan Kualitas Hafalan Santri.

Program Peningkatan Kualitas Hafalan Santri yang dilakukan terdiri dari beberapa macam metode, diantaranya dengan metode Muraja’ah Jama’i (Muraja’ah bersama) setiap ba’da shalat zuhur. Kemudian dengan metode Muraja’ah Jama’i (Sore hari, Ikhwah dan Akhawat terpisah).

Selain menggunakan metode Muraja’ah Jama’i, para santri juga diajarkan dengan metode Tasmi’ul Qur’an (Mengulang hafalan dengan cara mendengar) melalui audio visual untuk membantu daya ingat para santri dalam mengingat hafalan.

Hal tersebut terkait dengan beberapa bulan terakhir menjalin silaturrahim dan komunikasi, baik secara personal maupun kegiatan formal dengan wali santri dan struktural penanggung jawab PPUI Aceh, yakni Keamiran Wilayah Aceh-Sumut. Para wali santri meninjau bahwa akhir-akhir ini hafalan para santri sedang menurun.

Dari beberapa metode yang diterapkan, Alhamdulillah metode Muraja’ah Jama’i bisa berjalan dengan baik. Sedangkan untuk metode yang ketiga (Tasmi’ul Qur’an) masih belum berjalan maksimal, berhubung ada beberapa kendala yang harus dihadapi.

“Semoga dengan adanya metode-metode yang dilakukan tersebut, dapat meningkatkan kualitas hafalan santri lebih maksimal dari sebelumnya,” Aamiin. [Tri Rudiansyah, Edited MAAA]