SERENTAK, SELURUH PONDOK PESANTREN UKHUWWAH ISLAMIYYAH ADAKAN UTS

oleh

Kota Bekasi | Terhitung sejak tanggal 17-22 Muharram 1439 H (7-12/10/2017) Seluruh Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) yang tersebar di sejumlah daerah di wilayah Indonesia, mengelar Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal Tahun Pembelajaran 1438-1439 H. Kegiatan UTS tersebut merupakan kegiatan yang sudah teragendakan setiap tahunnya dalam kalender Pendidikan yang berlaku di Pondok pesantren yang juga disebut sebagai Pendidikan Islam berbasis Khilafah.

Tujuan diadakannya Ujian Tengah Semester adalah sebagai usaha untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan proses Kegiatan Ibadah Belajar dan Mengajar yang sudah berjalan kurang lebih selama tiga bulan terakhir yang diikuti oleh sekitar 1000 lebih santri dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan UTS ini digelar setiap pertiga bulan pada tiap semester tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana daya serap santri terhadap materi-materi yang telah dipelajari di kelas selama tiga bulan terakhir. Dan nilai hasil dari UTS ini merupakan penunjang untuk tambahan pada nilai Ujian Akhir Semester yang in Sya Allah diadakan pada tiga bulan berikutnya.” Papar Ustadz Yayan Sopian, Mudir Madrasah MKUBK PPUI Bekasi yang kami temui di ruangan Kantor Pondok.

Seperti terpantau di PPUI Bekasi, terlihat sejumlah pengajar sedang disibukan dengan aktifitas ini mulai membuat soal, memfotocopy, mengujikan kepada santri sesuai jadwal pelajaran dan dilanjutkan dengan koreksi lembar jawaban soal.

Laporan : Muhammad Firdaus | PPUI Bekasi