JAM PENCERNAAN

oleh

Setiap hari dan hampir setiap waktu pencernaan kita terus bekerja, semakin jam kerja lambung dalam mencerna makanan semakin sering juga enzim pencernaan juga pepsin membantu mencerna semua makanan yang kita konsumsi.

Alangkah baiknya jika kita bisa membantu kinerja lambung agar tidak terlalu letih mencerna.

Bagaimana caranya?
Pertama, ketahuilah bahwa efektifitas jam cerna lambung sekitar pukul satu siang hingga pukul tujuh malam.

Kedua, ringankan lah ia dengan banyak konsumsi serat yaitu buah-buah an dan sayur. Hindari banyaknya mengkonsumsi nasi dan protein.

Ketiga, makanlah dengan perlahan, sedikit demi sedikit kita gunakan tiga jari dalam mengunyah makanan dan usahakan agar lama dalam mengunyah kurang lebih 20-30 kunyahan. Makanan akan menjadi lembut dan mudah dicerna oleh usus.

Keempat, pilihlah makanan atau minuman yang sangat mudah tercerna oleh lambung dan mudah diserap oleh usus.

Kelima, jangan sesering mungkin kita memakan makanan cepat saji, gorengan, santen, bakso, mie ayam, mie instan dan makanan yang mengandung borak atau formalin juga pewarna makanan.

Keenam, bahwa waktu penyerapan makanan kita adalah diwaktu malam hari hingga waktu pagi. Disarnakan agar tidak mengkonsumsi makanan berat pada waktu itu.

Ketujuh, sedangkan waktu pembuangan hasil pencernaan adalah pagi hari hingga siang hari, disarankan juga agar mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin.

Kedelapan, perhatikan setiap hasil pembuangan pencernaan kita yaitu fases. Fases atau tinja yang baik adalah tidak keras dan tidak berbau. Apa yang kita konsumsi dari pagi hingga sore, usahakan sampahnya keluar dengan sempurna.

Kesembilan, jangan lupakan air sehat untuk membantu dalam proses detoksifikasi di usus besar, saluran kemih dan keringat.

Kesepuluh, hindari obat-obatan kimia dan suplemen kimia yang akan merusak organ kita secara perlahan.

Semoga bermanfaat untuk kaum muslimin seluruhnya
Aameen

Oleh Ustadz Abu Qayyim