UST. AHMAD SHOBIRIN, “TAKUTLAH AKAN TERHAPUSNYA AMAL”

Citiis (15/04/1438H). Kegiatan ta’lim rutin Pondok Pesantren Ukhuwah Islamiyyah (PPUI) Citiis dilaksanakan setiap hari Jum’at pekan kedua. Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus PPUI dan keluarganya dengan nara sumber tetap Ust. Ahmad Shobirin.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Ust. Ahmad Shobirin juga memberikan pembinaan langsung terkait dengan kelangsungan proses belajar mengajar dan operasional PPUI. Hal ini dilakukan, mengingat Ust. Ahmad Shobirin merupakan Wazir Tarbiah Wat Ta’lim Pusat Khilafatul Muslimin yang membidangi kegiatan pendidikan di PPUI.

Dalam taushiahnya, Ust. Ahmad Shobirin menjelaskan bahwa manusia hidup di dunia memiliki dua fungsi, yaitu fungsi sebagai hamba Allah dan fungsi sebagai khalifah di muka bumi. Berkaitan dengan fungsi manusia sebagai hamba, mayoritas orang islam sudah memahaminya dengan jelas. Sehingga proses peribadahan dapat berlangsung dengan baik. Namun berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah yang mempunyai tugas untuk menegakan aturan Allah di muka bumi, belum banyak difahami oleh mayoritas orang-orang islam.

Hal ini terjadi karena sistem pendidikan yang ada pada zaman ini, mayoritas hanya berorientasi kepada kebutuhan dunia. Bahkan tidak sedikit pendidikan dengan label islam, mengajarkan islam dengan tidak benar sehingga pada hari ini mayoritas ummat islam tidak lagi memahami tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini. Orang islam sendiri banyak yang tidak menyadari kewajibannya untuk menegakan aturan Allah di muka bumi sehingga pada saat ini ummat islam bagaikan buih yang selalu jadi objek mainan musuh-musuh islam.

Bila ummat islam sudah tidak mau menegakkan aturan Allah, maka sudah dapat dipastikan ia akan menjadi penegak aturan lain yang bukan aturan Allah. Sehingga ummat islam bisa jatuh kepada kekuasaan yang  bisa mengakibatkan gugurnya semua amal orang-orang  tidak mau menegakkan aturan-aturan Allah. Bila hal ini terjadi maka bergembiralah syaitan dan musuh-musuh islam kerena telah berhasil menyesatkan ummat islam.

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi” [QS.39:65]