SUARA GEMURUH ITU TERNYATA ASRAMA SANTRI YANG RUBUH

oleh

Kamis, 6 Rabiuts Tsaniyyah 1438 H. Pagi-pagi setelah Kegiatan Ibadah Belajar Mengajar (KIBM) baru dimulai, santri dan para ustadz Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Sumbawa Barat dikagetkan dengan suara gemuruh. Namun karena bangunan yang masih jarang, sumber suara segera saja bisa diketahui dan itu adalah suara yang dihasilkan dari atap asrama putra yang roboh. Untung saja saat kejadian anak-anak sudah pada keluar dari asrama dan memulai KIBM.

Mengetahui kejadian ini, Murobbi PPUI Ust. Safa Marwan langsung ke lokasi dan mengambil keputusan cepat untuk mengangkat reruntuhan bersama santri dan ustadz lainnya. Sebagian besar santri putra tingkat akhir dikerahkan untuk mengangkat material yang jatuh hingga membongkar sisa yang ada karena diperkirakan akan segera menyusul rubuh juga.

Untuk PPUI bangunan kayu semi permanen ini adalah bangunan lama yang cukup bersejarah dan penuh kenangan bagi banyak tamatan PPUI. Karena usianyalah kemudian asrama ini mengalami keropos dibanyak rangka, sehingga taqdirnyq rubuh pada hari ini. Para santri yang hadir berharap agar asrama mereka segera dibangun kembali mengingat fungsinya yang cukup penting. Selama ini asrama ini memang berfungsi ganda juga sebagai ruang kelas.

Laporan : Ahmad MS