HAFLATUL IMTIHAN FIDDAURIL AWWAL PPUI MARGODADI LAMPUNG

oleh -1.570 dilihat

Margodadi, Kamis 29 R. Awwal 1438 H (29/12/2016 M). Hari ini termasuk hari yang istimewa bagi Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Margodadi Lampung, terutama bagi para santrinya. Setelah menempuh ujian selama sepekan lebih, baik ujian lisan maupun tulisan, kini saatnya hari pembagian raport dan penghargaan.

Acara yang bertemakan HAFLATUL IMTIHAN FIDDAURIL AWWAL atau penghargaan untuk santri PPUI Margodadi pada semester pertama tahun ajaran 1437 – 1438 H ini, di gelar di lantai II untuk ikhwan dan untuk akhwat di lantai I masjid PPUI Margodadi yang menyaksikan acara lewat layar in-fokus. Dimulai pukul 08.30 WIB. dihadiri oleh Syeikh Abdul Qadir Baraja, staf pusat, dan para tokoh Khilafatul Muslimin. Turut hadir pula memenuhi undangan, tokoh masyarakat dan aparat pemerintah setempat serta dari TNI dan POLRI.

Sebagai MC pada acara tersebut adalah Hanif Arahman (kelas II UBK) yang memandu acara dengan berbahasa Arab dan diterjemahkan oleh Fahri Husaini (Kelas I ABA). Qori oleh Muhammad Daud (Kelas II UBK). Selanjutnya acara sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ust. Zainudin El Yuro (Ketua Panitia), sambutan kedua oleh Ust. Supriyono Hadi (Murobbi PPUI Margodadi), sambutan ketiga oleh Ust. Zainul Arifin (Amir Wilayah Lampung Utara), sambutan yang ke-empat oleh aparat pemerintah Bapak Sutrimo (Kepala Desa Margodadi) yang menyampaikan salut kepada Murobbi dan PPUI Margodadi. Ia juga senang dan bangga dengan keberadaan pondok pesantren tersebut. “Rasa mandiri dan kebersamaan sangat kental”. Katanya.
“Mari kita dukung pondok ini, jangan diganggu. Karena kalau pondok ini baik, ia akan membawa nama baik Margodadi ke luar.” tambahnya. Kepala desa inipun berjanji siap membantu apa saja yang dibutuhkan PPUI Margodadi. “Saya akan mendukung sepenuhnya bila pondok ini memerlukan bantuan”. Janjinya di hadapan hadirin.

Selanjutnya acara pembacaan maklumat Kekhalifahan oleh Fajri Fata Yasro bin Nashir Ummatan (Kelas I ABA), yang membacakan maklumat tegaknya kembali Khilafatul Muslimin tanpa teks. Dilanjutkan dengan pembacaan hasil ujian dan pembagian hadiah oleh Ust. Ibnu Al Mahdi bin Ahmad Muhadi.

Kemudian taushiah disampaikan oleh Khalifah/Amirul Mukminin Syeikh Abdul Qadir Hasan Baraja. Khalifah menyampaikan, Melaksanakan perintah tidak lebih berat tanggungjawabnya daripada yang memberi perintah. Dan setiap perintah tentu sudah dipikir-pikir. “Tidak ada keputusan tidak difikirkan menurut aturan Dien, maka bekerjalah menurut kemampuan, jangan memikirkan hasil atau menang karena itu adalah kerjaan Allah.”

Masih menurut Khalifah, “Kita kader anak-anak kita di sini untuk memerdekakan manusia yang ada di muka bumi ini, bukan memerdekakan Islam saja. Agar mereka tunduk kepada penciptanya. Masalah mereka mau ke surga atau neraka, terserah Allah saja. Kalau kita tidak bisa membina umat dari bawah, maka kita akan susah mengatur yang tua-tuanya, karena bukan hasil binaan.”

Selanjutnya kesan dan pesan disampaikan oleh wali santri bapak Suryadi (orangtua dari Abdul Baits Auda), yang mengajak hadirin khususnya wali santri, untuk sama-sama peduli dan ikut andil dalam memajukan PPUI Margodadi bukan hanya menyoroti kekurangannya saja. “Jangan hanya bisa mengkritisi, tapi juga harus mampu memberi solusi. ” Tandasnya.

Yang terakhir adalah pengumuman, disampaikan oleh Ust. Zainudin El Yuro. Yang menyampaikan adanya buku tulis produksi PPUI Margodadi dan lamanya masa liburan. Acara ditutup 20 menit sebelum waktu dzuhur.

Laporan : Supiyan Abu Diva — PPUI Margodadi)