ACARA HAFLATU TAKRIIMII LIDDAURIL AWWAL TAHUN AJARAN 1437 – 1438 H PPUI TALIWANG

oleh -1.481 dilihat

Setelah melalui proses Kegiatan Ibadah Belajar dan Mengajar selama satu semester pada semester pertama, dan telah melewati proses Ujian Akhir Semester Ganjil 1438 H. Kini Ppui Taliwang mengadakan acara Haflatu Takriimi (pembagian raport). Ahad 25 Rabiul Awwal 1438 H (25/12/2016 M)

Kini tiba saatnya para santri akan mengetahui hasil keseluruhan atas kesungguhan mereka dalam belajar selama ini, dan akan menyaksikan siapakah yang terbaik dari mereka yang akan mendapatkan penghargaan karena mendapat nilai lebih atas kesungguhannya.

Acara yang dimulai jam 08:00 sampai dengan selesai dihadiri oleh tamu undangan dari orang tua wali santri terdekat yang bisa terjangkau, dan seluruh santri dari tiga Unit (MKUBA-MKUBK-MKABA) hadir semua meramaikan suasana acara Haflatu Takriimi tersebut.

Beberapa mata acara inti yang dilaksanakan dalam acara ini diantaranya di awali Pembacaan Kalam Ilahi yang dilantunkan oleh perwakilan dari santri ikhwan kelas II MKABA santri Zulkifli & Ikmal Muzakkin. kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari ketua panitia Ustadz Salman Faris ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua atau wali santri juga para donatur yang menyumbang baik moril maupun materil untuk terlaksananya kegiatan semester Gassal ini dari awal hingga akhir. Dan juga terkhusus kepada para panita atas waktu dan kerja kerasnya membantu terlaksananya kegiatan ini dengan lancar. Terakhir beliau menyampaikan permohonan maaf atas segala hal yang kurang/tidak berkenang selama kegian semester ini berjalan.

Selanjutnya adalah sambutan dari Murobbi ma’had Ustadz Shofa Marwan ia menyampaikan tentang program-program yang telah berjalan di Ma’had yang secara khusus untuk meningkatan kualitas santri berupa Tahsinul Qur’an via skype dengan Syaikh-syaikh dari Timur Tengah. Tidak lupa ia menyampaikan rencana tentang akan dibuat daftar menu makanan bagi santri dalam rangka memperhatikan gizi dan kualitas makanan santri yang membantu perkembangan fisik dan otak mereka dalam proses mencari ilmu di Ma’had Ppui Taliwang.

Selain sambutan-sambatan yang disampaikan oleh berapa pengurus pondok diatas ada pula sejumlah penampila-penampilan yang disuguhkan untuk para hadirin dari kebolehan beberapa perwakilan santri di antaranya, Tampilan dari perwakilan dari santri MKUBA dengan Tahfizul Quran surat Al Mujadalah yang dilantunkan oleh adik santri Lutfiyah Firzannah Kls III MKUBA. kemudian tampialn tahfizul Quran Surat Al Qiyamah yang dilantunkan oleh adik santri Qonita Lillaahi Hanifah Kls III MKUBA serta ada tampialan hafalan hadits yang dibacakan oleh perwakilan dari semua santri kls II Akhwat. Selain tahfiz ada pula senandung nasyid yang dilantunkan oleh perwakilan kls III akhwat.

Tidak ketinggalan para santri MKUBK dan MKABA turut menyumbangkan kebolehannya dengan tampilan tahfizul Quran surat At Tahrim yang dilantunkan oleh perwakilan dari kelas I MKUBK atas nama Afif Anfal Aulia & Syukri Fakhruddin dilanjutkan dengan pengetesan Hafalan Al Quran 5 Juz. Dari Juz 26 – Juz 30 oleh perwakilan dari santri kelas I & II MKABA atas nama Sultonul Hakim & Abdur Rozak. Tampilan terakhir percakapan Bahasa Arab yang ditampilkan oleh perwakilan dari kelas I MK ABA atas nama M. Hanif Robbani & Fathur Rahim.

Selanjutnya sampai kepada acara inti yakni pembacaan dan pemberian penghargaan kepada para santri yang berprestasi di setiap madrasah. Para santri yang berprestasi dari madrasah Khalifah Utsman Bin Affan (Setingkat SD) sebagai berikut :
*KELAS 1*
Juara 1 : Hafizah Noferul Auliarti
Juara 2 : Tazkiyah Khoirun Nisa (tata)
Juara 3 : Jihan Naziyah
Juara 4 : Siti Aminah
*KELAS 2*
Juara 1 : Nurul Aulia Mandalika
Juara 2 : Abdul Muiz Dzulkarnain
Juara 3 : Arsyi Quanna Al Hasan
Juara 4 : Hikmatiar Abdullah Waluyo
*KELAS 3*
Juara 1 : Lutfiyah Firzannah
Juara 2 : Qonita Lillaahi Hanifah
Juara 3 : Nur Rizkiyah
Juara 4 : Mahdiya Mu’minah

Selanjutnya pembacaan dan pemberian penghargaan kepada para santri yang berprestasi dari madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (Setingkat SMP) sebagai berikut :
*KELAS 1 Ikhwan*
Juara 1 : Syukri Fakhruddin
Juara 2 : M. Afif Anfal Aulia
Juara 3 : Syamil Mahdi
*KELAS 1 Akhwat*
Juara 1 : Filzah Aufa Atikah
Juara 2 : Aqilah Nur Hasanah
Juara 3 : Julmiati
*KELAS 2 Ikhwan*
Juara 1 : Imam Zulqo’dah
Juara 2 : Syam’un Al Ghozi
Juara 3 : Kholid M Fatir
*KELAS 2 Akhwat*
Juara 1 : Fatimah Azzahro
Juara 2 : Veni Nadira Putri
Juara 3 : Ikhda Nur Shofa

Terakhir pembacaan dan pemberian penghargaan kepada para santri yang berprestasi dari madrasah Khalifah Umar Bin Khaththab (Setingkat SMA) sebagai berikut :
*KELAS 1 Ikhwan*
Juara 1 : Sulthonul Hakim
Juara 2 : Rifki Fillaah
Juara 3 : Abdullaah Azam
*KELAS 1 Akhwat*
Juara 1 : Baiti Muthoharoh
Juara 2 : Ulfan Nafi’ah
Juara 3 : Nurun Ainun Jaariyah
*KELAS 2 Ikhwan*
Juara 1 : Abdur Rozak
Juara 2 : Rifki Fillaah
Juara 3 : Maulana Mustaqim
*KELAS 2 Akhwat*
Juara 1 : Hafsoh Maulida Salsabila
Juara 2 : Mardiatul Fitri
Juara 3 : Nurul Mawaddah

Selanjutnya pembacaan para santri yang berhasil menjadi juara Umum sebagai berikut :
**MKUBA : Hafizah Noferul Auliarti (kelas I)
**MKUBK & MKABA : Imam Dzulqo’dah (kelas II MKUBK)

Ada sejumlah santri yang di daulat menjadi santri teladan diantaranya sebagai berikut :
**MKUBA : Nadia (kelas 3 mk uba)
**MKUBK & MKABA IKHWAN : Sulthonul Hakim
**MKUBK & MKABA IKHWAN : Syahidah Khilafah

Setelah pembacaan para juara keatas panggung untuk menerima hadiah dan piagam penghargaan dilanjutkan dengan pembacaan Nilai Rata2 seluruh santri MKUBA, MKUBK & MKABA. terakhir dipersilahkan untuk memberikan Kesan dan Pesan dari Orang tua/ Wali Santri.

Laporan : Suryadin Abdus Shammad — PPUI taliwang