ANTI AGING (ANTI PENUAAN)

Tidak ada komentar 431 views

Allah SWT berfirman:

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ ثُمَّ يَتَوَفّٰىكُمْ ۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُرَدُّ إِلٰىٓ أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَىْ لَا يَعْلَمَ بَعْدَ عِلْمٍ شَيْئًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ قَدِيرٌ

“Dan Allah telah menciptakan kamu, kemudian mewafatkanmu, di antara kamu ada yang dikembalikan kepada usia yang tua renta (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang pernah diketahuinya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Kuasa. (QS. An-Nahl: Ayat 70)

Segala puji bagi Allah Rabb Semesta Alam, yang telah menentukan sesuatu yang ada di alam semesta ini sesuai dengan takarannya. Yaitu ketetapan takdir dari tidak adanya alam semesta ini hingga tercipta dan sampai hancurnya. Termasuk jiwa kita yang sangat kecil dan kerdil tidak ada nilainya sedikit pun dibanding kan alam raya. Kecuali nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala.
Ayat di atas menceritakan tentang diri kita sebagai manusia. Dari awal penciptaan, kehidupan di dunia, masa tua hingga kematian pada akhirnya.

Usia senja adalah usia yang amat rapuh dan lemah, kecuali bagi mereka yang dari muda mengoptimalkan masa mudanya dengan segala kebaikan. Kebaikan semua amal soleh yang diperintahkan Rabb mereka, hampir mereka tidak melupakannya. Dan saya banyak melihat perbedaan dari mereka yang menggunakan umurnya dengan kebaikan dengan mereka yang menyia-nyiakannya.

Contoh terbaik suatu ummat adalah mereka para sahabat Rasulullah saw, mereka langsung mengamalkan apa yang Beliau saw sabdakan baik tentang urusan dien ini maupun urusan duniawi terutama pola hidup sehat. Sampai saat ini, saya belum menemukan riwayat para sahabat yang mereka berusia lanjut kemudian pikun atau pelupa. Yang terjadi oleh mereka adalah mati disebabkan oleh kelemahan organ tubuh yang memang sudah waktunya.

Kebaikan dalam segala hal yang diridhoi Allah Ta’ala. Karena konsep Islam adalah HOLISTIC yaitu menyeluruh dalam preventif dan penyembuhan penyakit. Bukan hanya sekedar jasad yang kita jaga agar kita sehat dan kuat, lebih dari itu hati kita harus selamat dari penyakit berbahaya.

Firaun adalah tokoh kafir sebagai prototipe manusia paling hebat, kuat dan jarang sakit dalam kisahnya. Tapi kebencian Allah Ta’ala kepadanya dan murkanya menghilangkan semua kehebatan dirinya sebagai manusia hebat dan kuat karena penyakit hati yaitu KEKAFIRAN dan PENENTANGAN nya kepada Islam di zaman nabi Musa as.

Banyak di luar sana para ilmuwan dibidang kesehatan, mereka berlomba-lomba dalam mengejar kesuksesan mencari obat atau herbal yang bisa membuat manusia bisa awet muda dan berumur panjang. Segala cara penelitian baik itu mereka yang menggunakan peralatan canggih hingga yang sederhana. Dari mulai herbal hingga mereka yang menggunakan bahan kimia.

Mengapa Kita Lebih Cepat Tua?

Pertanyaan yang sederhana ini terkadang tidak kita sadari bahwa memang fisik kita terlalu capek dan cepat lelah juga sering terkena penyakit.

Berulang-ulang saya memberikan keterangan bahwa pola makan dan pola hidup kita yang masih jauh dari tuntutan syari’at. Dari bagaimana kita makan dan minum hingga mencari fadhilah di muka bumi ini. Makanan dan minuman kita sudah terkontaminasi dengan bahan kimia. Hampir kita tidak sanggup menghindarinya baik di rumah, tempat kerja dan lingkungan sekitar kita.

Hasilnya, darah yang dihasilkan dari makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia akan menghasilkan darah yang STATIS (kurang banyak manfaat nya buat sel-sel dan organ). Dan darah akan cepat mengental dari normalnya, jika darah yang kental ini terus menerus mengalir di pembuluh darah maka plak-plak pada dinding pembuluh darah akan cepat terbentuk terutama pada pembuluh khusus yang menghubungkan jantung dan paru-paru.

Bayangkan! Setiap hari kita menabung di dalam diri kita darah yang STATIS ini, maka ia akan merusak organ yang paling utama yaitu jantung.

Ada Tiga Hal Yang Membuat Kita Cepat Tua :

1. Penuaan Jantung Dan Pembuluh Darah

Jika kita sayang terhadap diri ini maka sayangilah jantung kita yang senantiasa bekerja terus menerus memompa darah, baik yang masuk maupun yang keluar darinya. Dari yang darah dipenuhi oleh karbondioksida dan mineral berlebih pada darah. Sehingga darah menjadi cepat mengental dari zatnya yang akan memperlambat peredaran darah dan akan melemahkan kinerja jantung.

Blood viscosity adalah kekentalan darah di luar normalnya. Awal mula dari perjalanan darah di pembuluh darah besar. Kekentalan darah ini akan terus berada pada aliran pembuluh darah kita, selama kita belum memperbaiki nya selama itulah ia mengalir dan akan memperlambat peredaran darah yang akhirnya akan melemahkan otot-otot jantung.

Bayangkan saja, mesin pompa air di rumah kita! Apabila yang keluar air keruh dan penuh dengan pasir. Apa yang akan terjadi? Jawaban pasti sudah ada di benak kita masing-masing. Begitulah jantung kita, bekerja setiap detik memompa darah agar tidak terlambat sampai pada tujuan darah itu dibutuhkan oleh organ tubuh dan sel-sel saraf juga otot dan tulang.

Peranan jantung sebagai organ vital utama kita mestilah kita syukuri dengan cara menjaganya agar tetap sehat. Pada majalah edisi lalu kita sudah membahas bagaimana prinsip pondasi sehat pribadi dalam menjaga kesehatan.

Blood viscosity bisa kembali normal dengan olahraga secara rutin, kurangi makanan manis, berminyak dan bersantan, hindari es dan soft drink, diet asin atau mengurangi garam di setiap sajian makanan kita. Tidak lupa suplemen tambahan yaitu minyak zaitun dan nigella juga makanan yang kaya akan omega 3.

Semakin normalnya kekentalan darah dipembuluh darah akan mengurangi resiko Arteri Cardiovascular (penyempitan pembuluh jantung). Dan terhindar dari serangan jantung mendadak bagaimana tanda-tanda serangan besar itu datang?

Gejala paling umum adalah sebagai berikut :
* Nyeri dada atau perasaan seperti tertekan, sesak dan depresi.
* Ketidaknyamanan pada bagian tubuh paling atas seperti pundak, bahu, leher dan kepala.
* Napas pendek atau tersengal-sengal.
* Keringat dingin
* Pusing dan berat di kepala
* Keletihan yang luar biasa yang dirasakan secara tiba-tiba.

Penyakit apa sajakah jika jantung kita lemah begitu juga pembuluh darah kita?
* Strok
* Hipertensi
* Hiperglukemia
* Hiperkolesterol
* Jantung Koroner
* Alzhemer
* Insomnia
* Amnesia
* Migren
* Vertigo

Sebelum terjadi dan belum terlambat agar kita terhindar dari serangan jantung mendadak bersegeralah memperbaiki HABBIT kita sehari-hari. Hidup sehat tidaklah mahal, hidup sehat adalah rutinitas, hidup sehat adalah kebiasaan yang baik.

2. Penuaan Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh

Jika jantung kita sudah melemah, pembuluh darah dipenuhi oleh plak-plak penghambat peredaran darah. Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah sistem pertahanan tubuh ikut melemah.

Kinerja limfatik mengikuti peredaran darah pada diri kita. Fungsi dari kelenjar ini adalah membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan luka, baik luka di dalam organ maupun di luar tubuh.

Semakin banyaknya luka dan kerusakan organ, kinerja limfatik semakin serius bekerja. Sehingga organ limpa berusaha keras memulihan dan memperbaiki hemoglobin agar menjadi sel darah putih. Jika hanya satu atau dua yang luka masih bisa diatasi oleh tubuh kita agar pulih kembali. Akan tetapi jika luka dan kerusakan itu sering terjadi, ini adalah masalah kita yang harus segera kita tangani.

Cepat terserang batuk dan pilek juga peradangan pada tenggorokan adalah sinyal bahwa sistem pertahanan tubuh kita melemah.
Kulit kita sangat sensitif dengan lingkungan sekitar dan mudah terkena penyakit gangguan kulit. Tidak elastis tapi keras dan kering tidak lembab. Wajah dipenuhi jerawat dan gangguan pada wajah.

Penyakit apa sajakah jika imun tubuh kita melemah?
* Kanker
* Tumor
* TBC dan masalah gangguan paru-paru
* Jerawatan
* Alergi
* Masalah pencernaan

3. Penuaan Karena Habit ( Kebiasaan Hidup ) Dan Lingkungan

Kebiasaan yang kurang baik buat kesehatan adalah bom waktu buat diri kita dan keluarga. Lingkungan terkadang membantu agar diri kita menjadi malas berolahraga dan menjaga kesehatan. Makanan dan minuman serba instan termasuk gaya hidup yang menjadi kewaiban bagi sebagian besar masyarakat kita hari ini.
Sedikit-sedikit pergi ke hospital hanya gara-gara flu atau pilek atau hanya sekedar masuk angin. Karena jika pergi ke hospital adalah gaya hidup modern dan ekslusif. Dan harus mendapatkan resep obat antibiotik dan vitamin untuk penyakit yang ringan tadi.

Sadar tidak sadar, tubuh kita mengalami unnatural berulang kali dan sering. Sehingga tubuh ini sudah tidak sanggup mengupayakan kehebatan dirinya untuk memperbaiki sel-sel saraf dan organ atau membunuh bakteri dan mengeluarkan virus secara natural lagi.

Dengan alasan agar sakit yang ringan tadi cepat pergi dari tubuh kita agar aktivitas tidak terganggu hanya gara-gara flu. Kehebatan tubuh kita makin berkurang fungsinya disebabkan oleh diri kita sendiri. Bayangkan! Antibiotik yang kita sengaja konsumsi mungkin dosis awal sangat ringan sehingga bakteri dan virus mudah dan cepat keluar dan mati.

Tidak kita sadari, antibiotik tadi akan membunuh semua bakteri baik ia yang bermanfaat buat diri kita maupun yang tidak. Bukan hanya itu saja, kekebalan tubuh kita makin menurun dengan adanya sikap kita yang rajin memakan antibiotik dengan dosis yang Akhirnya melampaui dosis normal.
Seorang ahli obat antibiotik Amerika Beliau juga seorang dokter terhebat di zamannya. Menulis pesan kepada masyarakat Amerika saat itu agar tidak dan kalau bisa dihindari sebisa mungkin dan jika tidak bisa, sekali seumur hidup untuk mengkonsumsi antibiotik. Mengapa? Karena dia akan menjadi monster pembunuh dalam diri seseorang yang terbiasa mengkonsumsi nya akibat imun tubuh secara alami hilang.
Mulai hari ini, tidak ada kata nanti marilah upayakan agar gaya hidup sehat adalah kesukaan diri dan keluarga. Kita bangun generasi yang kuat, hebat dan sehat agar dalam mengemban amanah iqomatuddin bisa berjalan dengan baik atas izin Allah Ta’ala.

Terakhir kalinya saya akan memberikan doa yang selalu dilantunkan oleh baginda Muhammad Shalalahu Alaihi Wasallam

اللهم اني اعوذبك من الجبن والبخل واعوذ بك من ارذل العمر واعوذ بك من عذاب جهنم ومن عذاب القبر

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari kebodohan dan dari kebakhilan dan aku berlindung kepada Mu dari sifat pikun ( lemah ) dimasa tua dan aku berlindung kepadaMu dari azab jahannam dan azab kubur. ” (Hadits).

Penulis : Abu Qayyim Ibnu Raba