SANTRI PUN BUTUH REKREASI

oleh

Dikisahkan, ada seorang santri yang menimba ilmu di sebuah pondok pesantren di bilangan kota Bekasi, ketika itu ia meminta izin untuk pulang sementara waktu ke tempat orang tuanya. Dan setelah beberapa  hari di rumah bersama orang tuanya, kemudian tibalah waktunya ia untuk kembali lagi ke pondok. Dan ketika ia diberi tahu oleh orang tuanya bahwa esok hari ia akan diantar kembali ke pondok, anak itu kemudian menolak dan menangis karena tidak mau kembali ke pondok karena mungkin merasa lebih nyaman tinggal dengan orang tuanya dibanding di pondok.

Akan tetapi keesokan harinya setelah orang tuanya memberitahu bahwa teman-temannya para santri yang ada di pondok, tidak lama lagi mereka akan mengadakan rekreasi ke salah satu kawasan pegunungan di daerah Bogor. Dan nampak saat mendengar hal ini diceritakan kepadanya, ia begitu fokus mendengarkan apa yang disampaikan orang tuanya kepadanya dan menyimak apa yang disampaikan kepadanya tersebut, hal ini menandakan ia mulai tertarik.

Orang tuanya pun dengan penuh semangat terus bercerita tentang segala hal yang positif tetang pondok dan selalu memberikan motivasi kepada sang anak.

“Nanti yang akan berekreasi itu adalah para santri yang mau tinggal di pondok, adapun santri yang tidak mau tinggal di pondok, maka ia tidak boleh ikut rekreasi.”

Sontak, setelah mendengar hal itu santri ini mendadak bersedia di antar kembali ke pondok. Di dalam perjalanan menuju pondok, terjadi percakapan tentang berbagai hal antara ia dan orang tuanya, utamanya tentang pengajaran yang ia dapat di pondok,dan di sela-sela percakapan tersebut sang santri menyatakan.

“Ternyata tinggal di pondok itu enak, soalnya kalau malam Jum’at suka diajak nonton film, film tentang mujahid. Lalu kadang-kadang juga diajak ke taman, kadang-kadang diajak berenang,dan nanti mau jalan-jalan ke gunung, Celotehnya nyaris tidak mau diam. Dan ia sempat bertanya “Nanti setelah jalan-jalan ke gunung, mau jalan-jalan kemana lagi ya….?!.” tanyanya yang hanya dijawab dengan senyum haru orang tuanya.

Allahu Akbar… Inilah salah satu kebutuhan psikis umumnya para santri yang mesti diperhatikan dan dipenuhi. Setelah mereka melalui hari-hari dari dini hari hingga malam hari dengan aktifitas belajar yang mungkin membuat mereka jenuh. Dan juga karena tinggal dalam lingkungan yang gerak mereka di batasi. Maka rekreasi adalah sebuah kebutuhan yang amat penting bagi umumnya santri untuk merefresh kembali fikiran mereka. Agar mereka bisa belajar dengan lebih baik lagi.

Penulis Jumawan Chaliphate