UMAR SUAMI YANG SABAR

Tidak ada komentar 519 views

Seorang lelaki berdiri tertegun di depan rumah Umar bin Khattab ra. Ia mengurungkan niatnya untuk segera berjumpa dengan sang Amirul Mukminin guna menyelesaikan persoalannya karena ia  mendengar suara wanita yang sedang mengomel. Ia yakin suara itu adalah istri Umar. Namun yang membuatnya heran, tidak ada dialog. Dicermatinya terus hingga akhir episode, tak sepotong pun kalimat keluar dari mulut sang Khalifah. Akhirnya ia pun memutuskan untuk pulang.

Tak lama Umar keluar  dan memanggilnya. “Apakah keperluanmu wahai saudaraku?”.  Lelaki itu menjawab, “Tadinya aku bermaksud mengadukan perilaku buruk istriku yang sering mencercaku. Namun setelah aku mendengar sendiri bahwa engkau pun mendapat perlakuan serupa, maka aku memutuskan untuk meneladani sikapmu”.

Dengan bijak Umar menjelaskan, “Sudah selayaknyalah aku bersabar menghadapi sedikit kekurangannya. Karena ia telah berbuat banyak untukku. Memasak makanan untukku, mencuci pakaianku, juga merawat dan menyusui anak-anakku.Hatiku pun tentram dengan ia disampingku karena aku bisa terhindar dari kemaksiatan.”

Demikianlah. Allah Swt. telah memberi  bimbingan sikap terbaik suami terhadap istri-istrinya dan bersabar menghadapi kekurangannya. Dalam  Al-Qur’an disebutkan ,”…Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan padanya.” (QS. An Nisa:19). Wallohu ‘alam bis shawab.

Penulis : Wa Ode Nurmah