HAFLAH IMTIHAM LI NISFID DAURI 1438 H. PPUI MARGODADI DIHADIRI KHALIFAH

oleh -1.374 dilihat

Margodadi – Jati Agung. Sabtu, 28 Muharram 1438 H. (29/10/2016). Hari ini langit di atas Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyah Margodadi (PPUI Margodadi) terlihat amat cerah, secerah wajah-wajah para santri PPUI Margodadi yang bergembira karena kedatangan para orang tua / walinya yang memang sengaja diundang untuk menghadiri acara yang digelar oleh PPUI Margodadi, yaitu *Haflah Imtiham Li Nisfid Dauri 1438 H.* (Perayaan Tengah Semester Tahun 1438 H).

Acara ini mengundang seluruh orang tua/wali santri baik yang dekat maupun yang jauh. Selain untuk menjalin hubungan silaturrahim dengan para orang tua/wali santri, acara ini juga bertujuan untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan dan perkembangan anak-anak kepada orang tua/wali santri selama berada di Pondok PPUI Margodadi dan juga menginformasikan hasil ujian tengah semester sekaligus memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan dan penyemangat kepada santri yang berprestasi.

Acara dimulai tepat pukul: 08.00 WIB. Sebagai MC adalah Ustadz Tri Rudiansyah. Pembacaan Kalam Ilahi oleh ananda *Fajri Fata Yusro* santri kelas I UMKABA. Kemudian sambutan oleh Murobbi PPUI Margodadi Ustadz Supriyono Hadi. Dalam sambutannya Murobbi menyampaikan keadaan pondok dan berbagai kegiatan yang diikuti oleh para santri, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Beliau juga berpesan agar para orang tua/wali santri bersabar dan selalu mendo’akan putra-putri tercintanya. Kepada para santri juga Beliau menasehati agar ilmu selalu disertai dengan akhlaqul karimah. “Kepintaran yang tidak disertai dengan akhlaq, maka nilainya nol.” kata Murobbi.

Acara berikutnya adalah pembacaan hasil akademik santri plus hafalannya dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi atau ranking. Dari tingkat kelas I UBK sampai kelas II UBK dibacakan oleh Ustadz Ibnu Al Mahdi, sedangkan tingkat UMKABA kelas I ikhwan dan akhwat, dibacakan oleh Ustadz Tri Rudiansyah.

Dari pembacaan tersebut, didapatkan informasi sbb: Rangking I untuk kelas UBK ikhwan diraih oleh Ananda Ahmad Muttaqin dengan jumlah nilai rata-rata 8,8 dengan hafalan 5 Juz. Sedangkan hafalan terbanyak untuk kelas I UBK ikhwan ini adalah 9½ Juz, atas nama Muhammad Chanan. Sementara ranking I untuk kelas I UBK akhwat adalah Ananda Auliya Nurul Hanafi dengan nilai rata-rata 9,4 dengan hafalan 8½ Juz.

Kemudian untuk kelas II UBK ikhwan, rangking I diraih oleh Ananda Sahal Abdullah M. dengan nilai rata-rata 9,2 dengan jumlah hafalan 3 Juz. Dan hafalan terbanyak dikelas ini adalah 17 Juz, atas nama Hanif Ar-Rahman yang dalam nilai akademik menduduki peringkat III. Dan untuk kelas II UBK akhwat, rangking I diraih oleh Ananda Raudah Kholila dengan nilai rata-rata 9,4 dengan hafalan 2½ Juz. Sedang hafalan terbanyak di kelas ini adalah 10½ Juz, atas nama ananda Hani Febiana yang nilai akademiknya ada di peringkat V (lima).

Selanjutnya untuk kelas ikhwan UMKABA (Unit Madrasah Khalifah Abu Bakar Ash-shiddiq) kelas I, rangking I diraih oleh Ananda Fajri Fata Yusro dengan jumlah nilai 99,8 dari 11 mata Pelajaran, dengan nilai rata-rata 9,1 dengan jumlah hafalan 15 Juz dan temasuk hafalan terbanyak di kelas I UMKABA ikhwan.

Sementara di kelas I akhwat UMKABA, rangking I diraih oleh Ananda Al Mar’atush Shalihah Putri dari Ust. Ahmad Shobirin* Wizaroh At-Tarbiyah wat-Ta’lim Pusat. Dengan nilai 104,3 dari 11 mata pelajaran, dengan nilai rata-rata 9,5 dengan jumlah hafalan 30 Juz. Dengan demikian juara Umum masih dipertahankan oleh ananda *Alma* (panggilan akrab untuk ananda *Al Mar’atush Shalihah*).

Kemudian acara selanjutnya mendengarkan Tausiyah dari Khalifah/Amirul Mu’minin Syeikh Abdul Qadir Hasan Baraja.
Dalam tausiyahnya Beliau menyampaikan : Agar setiap aktivitas yang dilakukan selalu diniatkan untuk ibadah. Suatu generasi jika tiada pendidikan kader, pasti hancur. Ilmu itu untuk meninggikan derajat amal, bukan untuk menentukan Hidayah. Pendidikan kita tidak ada urusan dengan pangkat-pangkat atau titel-titel, tapi dengan IMAN dan AMAL SHALIH. Jangan bangga dengan MENGHAFAL tapi bangga dengan BERAMAL Banyak yang bangga dengan titel Profesor, Doktor, dll. Tapi apakah amalannya akan membawanya ke surga ? Surga itu diraih bukan dengan pintar-pintaran, tapi dengan IMAN dan AMAL SHALIH.  Maka jadilah seorang Mukmin yang BERILMU, BERIMAN dan BERAMAL SHALIH. Demikian beberapa petikan Tausyiah yang disampaikan oleh Khalifah.

Selanjutnya acara yang terakhir adalah pembagian hadiah, sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kepada santri yang berprestasi.  Acara berlangsung hingga pukul: 10.30 WIB.

Laporan Ibu Ali