MUDARRIS PPUI BEKASI IKUTI PELATIHAN JURNALISTIK

Sejumlah Mudarris Pondok Pesantren Ukhuwwah islamiyyah (PPUI) Bekasi mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh nashrah Daulah Khilafatul Muslimin Indonesia Bagian Barat pada Jum’at, 13 Muharram 1438 H.(14/10/2016) di rumah makan Minang Pusako Bundo Harapan Indah Bekasi Utara. Pelatihan yang ditujukan bagi peserta yang sudah berkiprah di dunia tulis menulis ini diadakan dalam suasana yang nyantai namun tetap serius, dengan arahan dari dua pemateri Ustadz Ghulam Siddiq dan Ustadz Wuri Handoyo.

Tujuan diadakannya pelatihan yang dihadiri oleh 11 peserta ini adalah guna menciptakan jurnalis yang sesuai dengan tema yang diambil tanpa menghilangkan kode etik jurnalistik. Sebagaimana yang disampaikan pemateri kedua ustadz Wuri Handoyo yang intinya mengarahkan bahwa setiap peserta punya tanggungjawab dan harus membangun opini publik diberbagai media yang dimilikinya baik media website, majalah, media sosial dan lain lain.

Pemateri yang diamanahkan sebagai Amir Wilayah Bekasi Raya ini  juga menambahkan bahwa, sebuah atau sebanyak apapun tulisan tanpa adanya usaha publikasi itu tidak ada bedanya dengan sebuah diary, yang hanya bermanfaat bagi dirinya. Dan belum bisa yang demikian itu dikatakan sebagai seorang jurnalis.

Dalam pelatihan tersebut ada beberapa materi yang jadi fokus pembahasan diantaranya pengantar penulisan Stright News yang di sampaikan pemateri ustadz Ghulam Shiddiq yang dilanjutkan dengan praktek langsung kepada peserta yang dikukan secara bertahap mulai dari pembuatan judul yang baik, kemudian pembuatan lead sampai pembuatan body, yang berakhir pada sesi pertama ini pukul 11.30 WIB. Selanjutnya para peserta diberikan tugas untuk membagikan maklumat kepada para jama’ah shalat Jum’at di masjid Al-Furqon yang tidak jauh dari tempat pelatihan tersebut dan diharuskan untuk mewawancarai dan dibuatkan stright News nya.

Materi selanjutnya pada sesi kedua dengan tema penulisan feature dan opini yang disampaikan oleh ustadz Wuri Handoyo yang dilanjutkan dengan praktek langsung oleh para peserta dalam menullis feature kemudian dibahas satu persatu kemudian diberikan koreksi dan perbaikan langsung oleh pemateri sampai berakhir menjelang waktu maghrib pada pukul 18.00 WIB.

Laporan : Muhammad Firdaus