SANTRI PPUI BEKASI SERUKAN PERSATUAN DALAM SISTEM KHILAFAH

oleh

Sudah menjadi satu kebiasaan dikalangan sejumlah kelompok umat Islam di kota Bekasi khususnya, dalam menyambut tahun baru hijriah dengan beberapa kegiatan, seperti dengan mengadakan tabligh akbar, pawai lampu obor, perlombaan rebana atau bahkan ada yang menyalakan kembang api yang katanya untuk menyemarakan hitamnya langit dengan cahaya gemerlap dan merubah kesunyian dengan kebisingan.

Namun lain halnya dengan para santri Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah (PPUI) Bekasi yang tinggal di sebuah perkampungan di pinggiran kota Bekasi lebih tepatnya di Jl. Komplek Patal No. 44 Rt. 08 Rw. 03 Pekayon Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi, momentum 1 Muharram ini diisi dengan satu kegiatan yang positif, melakukan Jalan Sehat Syi’ar Kekhalifahan guna menyampaikan seruan kepada ummat manusia untuk bersatu dalam Sistem Kepemimpinan Ummat Islam es-Dunia Khilafatul Muslimin.

Sekitar 350 santriwan dan santriwati, Ahad, 1 Muharram 1438 H. (02/10/2016) melakukan longmarch dengan jarak tempuh sekitar 9 kilometer dengan menlewati beberapa jalan protokol diantaranya Jl. Ahmad Yani, Jl. H. Juanda. Tidak hanya sekedar jalan ada beberapa pesan yang disampaikan melalui beberapa media diantaranya melalui audio dengan Seruan Untuk Bersatu dalam Sistem Khilafah, Maklumat Ditegakannya Kembali Khilafatul Muslimin, Surat Nasihat dan Himbauan Khalifah  yang kesemuanya itu dikemas dalam satu flashdisk yang kemudian diperdengarkan melalui sound sistem. Selain itu juga sejumlah santriwan dari kelas akhir membagikan lembaran Maklumat Khilafatul Muslimin, Maklumat Zakat, Surat Nasihat dan Himbauan dari Khalifah / Amirul Mu’minin Syaikh Abdul Qadir Hasan Baraja’.

Tidak hanya sampai disitu, guna memeriahkan dan menghadirkan semangat yang menggelora para santri mengumadangkan potongan nasyid yang sebelumnya telah mereka persiapkan yang diselingi dengan gemuruh teriakan takbir dari para peserta silih berganti.

Tak ayal keadaan seperti ini mengundang perhatian masyarakat yang di lewati, terutama ketika sampai dikerumunan masyarakat area Car Free Day di depan Stadion Patriot Gelanggang Olah Raga Kota Bekasi, yang sudah menjadi rutinitas setiap hari Ahad akses jalan tersebut ditutup dari kendaraan bermotor. Banyak dari masyarakat yang mengabadikan momen langka tersebut dengan dengan kamera atau gadget mereka. Terlihat mereka juga antusias dan ada juga yang terpaku menatap barisan panjang dengan seragam hijau putih tersebut.

Peserta jalan sehat yang turut serta tidak hanya dari kalangan santri saja tapi ada juga beberapa bapak-bapak, ibu-ibu yang mayoritas dari mereka adalah para mudarris serta pengurus pondok, tidak ketinggalan mereka juga membawa serta putra dan putri mereka yang masih balita.

Pelaksanaan jalan sehat Syi’ar Kekhalifahan ini merupakan satu bentuk ketaatan kepada Ulil Amri yang dilakukan oleh warga Khilafatul Muslimin, yang diperintahkan oleh Khalifah / Amirul Mu’minin sejak beberapa tahun silam.

Laporan Muhammad Firdaus